Translate

11 bahasa pemrograman yang paling banyak dicari didunia kerja diindonesia

Skill pemrograman wajib dimiliki oleh lulusan teknik infromatika ataupun lulusan smk untuk bersaing didunia kerja. semakin banyak skill yang dimiliki semakin besar peluang anda diterima di dunia kerja. berikut ini adalah 15 bahasa pemrograman yang paling banyak dicari di dunia kerja yang ada diindonesia.

1. Phyton

     Bahasa pemrograman yang pertama yang paling banyak dicari didunia kerja diindonesia adalah bahasa pemrograman phyton. Bahasa pemrograman phyton banyak digunakan dibanyak perusahaan besar seperti Nasa,Instagram, Google, yahoo dan reddit dan juga situs streaming terkenal diabad ini yaitu youtube.
     Bahasa pemrograman phyton termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. sama seperti java, phyton juga bisa digunakan untuk membangun aplikasi berbasis website dan mobile bahkan bisa digunakan sebagai bahasa untuk server.
     Bahasa pemrograman phyton sangat mudah dipelajari bagi pemula.selain itu bahasa pemrograman phyton banyak kelebihannya seperti sintak yang digunakan cukup sederhana. selain kelebihannya phyton juga memiliki kekurangan yaitu Python tidak secepat atau efisien sebagai statis.

2. Java

     Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak dicari didunia kerja diindonesia. bahasa pemrograman java banyak dicari diindonesia karena sifatnya yang fleksibel, selain bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis website dan android bahasa pemrograman berbasis java juga bisa digunakan untuk pemrograman dekstop dan server. Bahasa pemrograman java juga banyak suport dengan peralatan penunjang kebutuhan sistem.
     Java dikembangkan pada tahun 1991. Sejak 23 Mei 1995 dirilis, Java langsung naik dan menjadi bahasa pemrograman favorit. Kekuatan open source membuat Java mudah berkembang dan dikenal oleh banyak pengembang. Oleh karena itu Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai untuk bersaing didalam dunia kerja.

3.JavaScript

     Bahasa pemrograman javascript selanjutnya adalah bahasa pemrograman yang paling banyak dicari didunia kerja diindonesia. bahasa pemrograman javascript terkenal dengan fungsi-fungsinya yang sangat istimewa karena mampu mengembangkan website lebih interaktif dan menarik.
     Tidak hanya digunakan sebagai pemoles website menjadi interaktif dan menarik, pemrograman javasript juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile,game dan dekstop. hal ini menyebabkan javascript menjadi bahasa pemrograman yang paling populer dan tidak asing bagi para kalangan pengembang website.

4.C#


    Bahasa pemrograman C# adalah bahasa pemrograman yang paling banyak dicari didalam dunia kerja. bahasa pemrograman ini lebih banyak digunakan untuk platforms windows untuk berjalan pada platform .NET. bahasa pemrograman ini juga banyak digunakan oleh para pengembang game, dekstop, dan website. namun untuk pemula pemrograman dengan menggunakan bahasa C# akan sedikit kesulitan karena pemrograman ini lumayan susah.

5. PHP

pemrograman php
    Bahasa pemrograman berikutnya yang paling wajib dicari adalah pemrograman PHP. pemrograman PHP banyak dicari didunia kerja penyebabnya adalah banyak perusahaan besar dan kecil yang tahun-tahun sebelumnya dibuat dengan pemrograman PHP. jadi tidak menutup kemungkinan pemrograman PHP akan selalu eksis di dunia kerja dan akan selalu tetap dicari didalam dunia kerja. pemrograman PHP agak sedikit sulit dipelajari namun dengan komunitas yang banyak pemrograman php adalah pemrograman terbaik yang sangat wajib dipelajari untuk para pemula.

7. Kotlin

pemrograman kotlin

    Kotlin adalah bahasa pemrograman android pengganti java. selain bisa digunakan untuk pemrograman android , bahasa pemrograman kotlin juga dapat digunkan untuk pemrograman web dan beckand. bahasa pemrograman kotlin termasuk bahasa pemrograman baru namun walaupun bahasa pemrograman kotlin masih baru tapi sudah banyak perusahaan-perusahaan besar menggunakan kotlin sebagai bahasa pemrogramannya. untuk belajar kotlin ini sangat disarankan karena banyak perusahaan - perusahaan besar membutuhkan keahlian dibidang pemrograman kotlin. namun untuk pemula pemrograman ini sedikit sulit karena komunitasnya masih sedikit dan tutorial juga masih relative sedikit.

9. React

pemrograman react js

    React JS adalah bahasa pemrograman android dan web. keunggulan react js dengan pemrograman yang lain adalah prosesnya yang cepat selain itu untuk pemrograman android Reactjs bisa digunakan untuk membuat aplikasi untuk ios dan android. bahasa pemrograman reactjs sekarang ini lagi naik tajam untuk dunia kerja. jadi jika anda ingin mempelajari pemrograman terbaru dan paling banyak dicari didunia kerja pilihannya adalah react js. jika mempelajari react js peluang anda masuk dunia kerja adalah 80% karena masih sedikit yang bisa pemrograman ini. namun kesulitan pemrograman react js sangat tinggi, selain kesulitannya yang tinggi komunitasnya juga masih sedikit jadi jika anda mendapat kendala sering kali tidak ditemukan jawabannya.

10. Golang

pemrograman golang

    Golang adalah bahasa pemrograman opensource buatan google. bahasa pemrograman golang banyak dicari didunia kerja sebagai bahasa pemrograman microservice di perusahaan-perusahaan besar seperti gojek dll. bahasa pemrograman ini sangat mudah dipelajari, selain bahasanya yang clean code juga bahasa pemrograman kotlin mudah dipelajari oleh pendatang baru. pemrograman ini terbilang masih baru namun peminatnya sudah banyak di perusahaan-perusahaan besar.


11. Vuejs

pemrograman vue js

Bahasa pemrograman selanjutnya yang paling banyak dicari didunia kerja adalah bahasa pemrograman Vue js. Salah satu keunggulan utama dari pemrograman Vuejs, ia telah banyak mengadopsi sourcode dari pesaingnya (Angular dan React), dengan menambahkan beberapa tambahan sendiri ke dalamnya. bahasa pemrograman vuejs biasanya digunakan untuk pemrograman frontand.


Demikian 11 bahasa pemrograman yang wajib anda pelajari ditahun-tahun ini sebagai bahan untuk mencari kerja. semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan.


Post a Comment

0 Comments